Fanwar ; ARMY vs EXO-L (2)

WARNING: NOT AN EXO-L, MULFAND, ANTI NAGAJUSEYOOOOOOOOOOOOOOOO

Gue hanya menyalurkan pikiran gue dalam kata-kata. Tanpa bukti. Tapi fakta. 

Btw judulnya terlalu mancing kan? itu cuman judul ya, isinya out of topic semua :D

Jam 4 sore, 15 April, gue liat di postingan komen sebelumnya ada 68 comments dan sekarang jam 22:28 sudah ada 84 comments. Gue ga bakal baca komen disitu lagi. Sudah cukup dan berlanjut disini.



Tentang postingan gue sebelumnya, sebenarnya gue ga mengharapkan bakal overrated kek gitu. Apa salahnya sih ini blog gue, dan pengen menyampaikan pendapat gue. Okeey alasan yang terlalu basi kan? Gue udah JELAS BANGET mengkhususkan postingan gue cuman buat EXO-L dan yang gue baca di komen kalian malah menyalahkan karena gue cuman mandang dari sudut EXO-L. Da hell, gue disini dengan bangga menyatakan bahwa gue itu HARD EXO-L dan apa yang gue dapatin lagi? Kalian bilang gue IMMATURE EXO-L. 

Ibaratkan, EXO-L itu kakak kelas (di SMA, misalkan), terus kalau ada adek kelas yang nyerang, nah disinilah kepribadian seseorang terlihat, ada kakak kelas yang mudah temperamen, ada yang sabar menerimanya dengan positive thinking, dan ada juga yang cuek aja. Sebenarnya gue tipe orang ketiga, kalau ada yang nyerang duluan ya gue cuek aja dulu, tapi nantinya gue bakal balas dendam. Ah but! gue orangnya bukan orang yang ngebicarain dari belakang, gue lebih suka jujur dan apa adanya. NAH! Ibaratkan lagi kalau misalnya EXO-L itu kakel kelas 11, ARMY kelas 10, dan (contohnya aja) VIP, ELF, CASSIOPEIA itu kelas 12 terus EXO-L kepancing ARMY, dan EXO-L nyerang adek kelasnya, siapa yang terlihat lebih salah? Kalau menurut realita aku di sekolah (irl aku kelas 10), kelas 11 lah yang paling banyak dimaki dihina, like "udah kelas 11 ga dewasa" "adek kelas aja diurusin". Realita lagi, murid2 kelas 11 bakal dukung teman mereka, murid kelas 10 juga bakal dukung teman mereka, dan DENGAN TERPAKSA ada yang mengakui kesalahannya lebih dahulu. Dengan terpaksa tentu saja ga sepenuh hati, pasti ada lagi celotehan di sosmed yekan. Terus gimana dengan kakak kelas 12? mereka sudah dewasa, yang pasti mereka bakal lebih cuek kalau ada adek kelas yang ngejudge, seperti itulah realita yang aku dapat di lingkungan sekolah. FANWAR mungkin bisa diibaratkan dengan begitu juga.

Kenapa EXO-L selalu dicap sebagai fandom paling rusuh? ya mungkin karena itu. Kita ada di tengah2 (jangan salah paham, ini cuman IBARAT) fandom senior dan junior. Kelas 10, 11, 12. Aku di sekolah aja ga suka sama kakak kelas 11. Tapi di atas senior, ada yang lebih senior lagi. Gue lihat kakel kelas 11 pada takut sama kelas 12. YA SERBA SALAH! Dilihat senior salah, dilihat junior salah, kayak lagu Raisa lah apa lagi salah ku? :). EXO-L selalu disalahin tentang fanwar, kalau menurut junior EXO-L lah yang memulai (sadar tak sadar), kalau menurut senior karena EXO-L belum semuanya mature. Terus terang, EXO-L yang sudah mature adalah EXO-L yang sudah tumbuh bersama EXO, nah kalau fans2nya yang itu terus kan nanti dibilang EXO-L jumlahnya segitu terus, datanglah EXO-L lain yang masih muda, serta masih ada yang mudah terpancing, dan bahkan akhir2 ini banyak EXO-L yang IMMATURE :) (kayak gue yekan? :)) disinilah EXO-L yang sudah berpengalaman (?) untuk menyadarkan kaum muda. 

Gue ga bermaksud sok dewasa, toh baru 16 tahun, dan gue bahkan baru 9 bulan loh jadi Kpopers. Maka dari itu, gue minta bantuan masukan Kpopers senior, gue minta pendapat tentang apa yang gue tulis dahulu apakah terlalu menjatuhkan atau terlalu meninggikan, dan jawabannya katanya yang gue tulis itu memang seperti itu adanya, dan semua SESUAI REALITA. Then beberapa lama setelah gue minta2 pendapat sama Kpopers senior, ada satu topik yang membuat gue serba salah juga "Kpopers jaman sekarang tidak menghargai Kpopers senior. Kpopers sekarang sok bener, dan yang senior malah disalahkan". Sampe sekarang merasa serba salah dengan apa yang gue tulis saat ini juga, tapi biarlah junior mu ini (secara halus bisa dibilang) menyalurkan bakatnya. Gue sumpah gapernah menyalahkan apa kata Kpopers senior, yang kata kalian aku immature, okay I'm Immature since you're older than me and having more experience than me, kkkk bahasa inggris ngawur. Contohnya aja di grup chat, gue disana banyak ngeliat yang senior merasa tidak dihargai, dan yang muda malah bicara seenak jidatnya (dengan bahasa kasar). Gue orangnya cuekan, jadi kalau ada Kpopers senior dan junior yang berantem di gc, gue cuman nyimak aja. Jujur, ngeliat fans jaman sekarang (meskipun gue juga baru2 aja juga) miriss, pantas aja sih banyak senior yang ngeluh. Kalau seangkatan gue sih jarang yang nemu bicaranya asal2an dan cenderung menghargai apa yang dikatain senior. Tapi melihat yang di bawah gue, fans yang masih SMP, gue ngerasa gimana gitu. Bahkan anak SD sekarang ngomongnya liar banget, gue juga ngerasa serba salah ada di pihak junior atau senior.

Kalau gue ga sakit hati, gue bohong. Gue merasa sekarang terpojokkan dan gue mungkin juga berusaha tetap cuek. Tetap saja percuma. Kenapa sih pada bandel ngebaca postnya? kalau sudah jelas2 ini mengarah ngehate ARMY yaudah, jangan dibaca. Apa yah, gue aja kalau ada postingan yang ngerendah EXO-L ya gue ga baca, gue ga mau terima akibatnya, sakit hati yang mendalam. 

Uumm, mungkin terlalu meninggikan kata2 gue tapi gue di awal dan di akhir selalu menegaskan maaf apabila ada kata yang terlalu berlebihan. Kosakata gue emang terbatas banget, gue emang ga suka sastra dan mengarang cerita, gue apa adanya aja.  Apadah kok kayak lagu yonglek ft. awkarin, "lo benci gue yang apa adanya, kalian semua suci, gue penuh dosa". EXO-L selalu bilang kalau kita ini penuh dosa dan yang menghina itu suci. Jadi gini ya, di fandom mana pun, mereka pasti berpikiran begitu. Ga cuman fandom yang sering fanwar kek kita2 ini. Okeeylah gue bakal bilang ARMY lo suci, GUE penuh dosa. Gue ngejatuhin ARMY di postingan? apa kalian ngebaca ga berpikir, karena gue OBJEKTIF banget apa kalian nyuruh gue buat jadi fans juga supaya sadar sama apa uneg2 gue? Okelah kalau tulisan gue merendahkan army, bts, dan bighit, emang gitu realitanya. Gue cuman ngumpulin fakta2 yang ada di sekitar EXO-L. Sekarang pertanyaannya, ngapain ya gue daritadi nulis pake emosi cuman gegara komen hate? hehehe :D sudah terlambat kan.

Gue bakal lebih fokus ke EXO-L lagi, dannnn ngebahas topik fanwar yang akhir2 ini ada. Kali ini, gue mau noumunoumunoumunoumunoumu fokus ke EXO-L. Tentu aja, yang gue tulis disini lebih banyak ke kumpulan pendapat EXO-L di lingkungan sosmed gue. Gue bakal rewrite jadi satu pendapat gue. Oh ya kalau ada yang salah paham kalau ini cuman spread ngehate, gue jelasin, gue sering browsing di tumblr blog, dan disitu banyak blog tentang confess gitu, aku gamau kalau kalian bilang ini cuman postingan ngehate, gue lebih ke confess diri gue sebagai EXO-L. Ya walaupun bilang gitu juga, kalian pasti masih nyalahin. Kalau bukan EXO-L jangan baca apa yang gue tulis di bawah ya, GUE SUDAH PERINGATKAN. Yang EXO-L tolong kritik dan sarannya gue cuman butuh pendapat apakah yang gue tulis emang bener/salah.


TOPICS (bertanda merah)

Bulan januari saat gue nulis pertama tentang fanwar emang sih disitu udah banyak fanwar. Tapi anehnya akhir2 ini makin merajalela pake banget. Kpopers baru juga makin bertambah. Tbh sebenarnya bulan april-may-juni itu bulan awal2 gue tertarik sama Kpop. Gue paham juga sama Kpopers baru. Secara otomatis, EXO-L baru juga bertambah. Gue juga belum lama jadi EXO-L kan, tapi terus terang kenapa gue merasa khawatir dan gugup, takut yang baru2 mudah terpancing. Okey gue orangnya sebenarnya ga mudah terpancing, tapi kalau ada fanbase EXO-L yang ngirim post tentang persaingan gitu, gue suka baca komen EXO-L, nah disitulah gue jadi semangat menyampaikan pendapat. Gue sering nemu kalau di komen2 di Instagram (contohnya) kebanyakan EXO-L yang komen itu Kpopers senior dan SMstan tapi sering juga nemu yang salah lapak :v. Dan gue juga sependapat sama mereka, disitulah karena gue udah gatahan sama stress yang ada di pikiran, gue dengan samangat nulis post fanwar pertama. 

GUE SANGAT PAHAM emang kalau di fanwar pasti yang EXO-L bilang ARMYlah yang mancing duluan dan ARMY juga berpikir begitu. Tapi gue ada di pihak EXO-L yang pasti pihak kami juga sering berpikir begitu. Bulan januari-februari kemaran banyak banget kan FAKE ARMY yang katanya ngaku2 ARMY tapi merendahkan group lain. Tapi bulan april ini juga kita banyak nemu FAKE EXO-L. Gue kecewa banget jaman sekarang emang ada ya fans yang FAKE? Sumpah pas pertama denger kata2 itu gue ngakak, perasaan fans ya fans aja, apaan coba fans FAKE, ga ngerti lagi. Tapi setelah gue stalking akun mereka pasti kata2 legendarisnya gini:

BTS KINGS OF KPOP
 EXO-L IS THE WORST FANDOM

EXO KINGS OF KPOP
 ARMY IS THE WORST FANDOM 

Fans kayak gitu tuh yang katanya FAKE dan yang seperti itulah fans yang suka mecah belah fandom kan? Sekarang karena mereka, gue gamau nyalahin satu sama lain, cumann ya ngomong pake fakta aja lebih enak kan :). Tapi sumpah sangat memalukan, ARMY, EXO-L, kita mungkin ga mau disejajarkan, tapi ini sungguh kelewatan. Dulu EXO-L berbondong2 buat ngereport akun bts_kingsofkpop itu sekarang kita nelan ludah sendiri, sumpah gue kecewa sama EXO-L sekarang. Ya walaupun gue yang katanya juga Immature, setidaknya gue ga menghina fandom lain, yang bukan EXO-L baca post gue mungkin kalian kira gue merendahkan, tapi Insyaallah yang EXO-L kalau baca sependapat aja kok. Sesuai fakta yang ada di twitter, instagram, gue gapernah lari dari kedua sosmed itu.


Sekarang kedua fandom yang sering fanwar ini bawa-bawa fandom V.I.P. Akun EXO-L yang FAKE katanya itu manas2in ARMY sama VIP. Jadi gini ya, waktu itu gatau ada apa di akun zonakorea itu VIP sama ARMY itu berantem gitu, nah terus ada akun komen gini "VIP ARMY fanwar, yang berbahagia EXO-L.." (kira2 begitu). Nah mungkin EXO-L juga ikut emosi karena zonakorea me-like komen itu. Terus malam tadi sebelum gue nulis ini, zonakorea ada ngepost artikel tentang netizen yang membedakan setplain konser solo GD (YG) dan EXO (SM). Judulnya gini "Tata panggung konser GD dinilai kalah jauh jika dibandingkan EXO, Setuju?". Jelas2 sebelum dia merilis itu artikel, di akun lain judulnya ga terlalu gitu banget. Alhamdullillah, setelah gue baca komen, ada akun YGstan yang bilang mulai sekarang anggap EXO-L sebagai adik kalian, kami akan melindungi VIP dan EXO-L. Sumpah terharu banget. Banyak akun besar SMstan dan YGstan yang komen tapi mereka damai aja. Salut sama VIP karena mereka dewasa dan ga terpancing sama artikel. Sebenarnya gue gamau bilang gini ya, tapi banyak yang udah tau kalau admin di fanpage itu katanya multifandom tapi berat sebelah. You know, dia juga sering nyalahin EXO-L di artikel yang ngebahas apapun yang ada sangkut paut sama EXO dan BTS dan ya dia dukung yang kedua. Like, EXO-L itu dianggap sebagai penjahat, tentu saja karena itu fanpage lebih dari 500k followers, yang Kpopers baru pasti dengan mudah nganggep gitu juga kan. Terus di hari itu juga sebenarnya banyak artikel tentang prestasi anak YG tapi akun itu tidak satupun memposting artikelnya dan yang diposting malah artikel itu. Padahal artikel itu udah dirilis 1/2 hari sebelum dia post lagi. 


Ada yang bilang gini, Kpopers senior sudah kebal sama artikel yang menjatuhkan idola grup mereka. Mereka bakal lebih fokus dengan kelebihan grup idola mereka dibandingkan mengurusi pendapat orang tentang grup idola mereka. 

Apakah kita yang terlalu mengurusi pendapat orang itu sehingga menimbulkan fanwar? Gue akhir2 akting cuek sama pendapat orang, bahkan yang salpak di komen juga gabakal gue bales komennya. Hm, mungkin sudah saatnya gue ga mengurusi fanwar lagi, kecuali kalau lagi emosi. Kita kan juga manusia kan, jangankan gue, banyak aja kok senior yang ngebelain idola mereka karena fanwar. Gue ngebahas immature ARMY yang menghina EXO terus dibilang EXO-L yang terlalu mengurusi itu. Umh, apa ada penggemar yang ga sakit hati kalau idolanya diejek. Apalagi ini lingkungan twitter loh (gue ngambil semua topik dari twitter) mesti lebih banyak yang baca dan retweet. Ohya se-immature nya gue, setidaknya ga pernah nyumpahin orang buat mati (maaf). Seenggaknya gue gapernah komen sana sini ngurusin fanwar, dan ya disinilah gue ngurusnya. EXO-L mulai sekarang ayo kita lebih ngepost tentang kelebihan EXO. #5yearswithEXO and still counting.


Billboard vs Daesang. Channel vs Walmart. So daesang isn't important tho? Sumpah ngakak, sedangkan idola kita masing2 saat memenangkan daesang aja nangis terharu. Terus meninggikan Billboard yaaa kalian mungkin menang di Billboard, artis kpop lain akan menganggap kalian luar biasa. Tapi janganlah meremehkan daesang. Just sad why kpop fans nowadays really want a western recognition. Daesang is important for all group. Sebenarnya hebat banget BTS bisa masuk Billboard cuman beberapa ARMY yang menyombongkan diri itulah yang merusak momentnya :(.

Entahlah suka banget di twitter bawa2 "...vs Walmart". Ingat ga waktu pemotretan EXO di Vogue itu dipost sama akun gucci di twitter? Gue disitu awalnya pengen lihat komen korean fans di balasannya, yang gue dapet, malah banyak ARMY yang minta gucci buat jadikan BTS sebagai model. Gue sebenarnya ga pengen ngebahas ini cuman, apakah gabisa menghargai postingan tentang EXO? itu beneran gaada sangkut pautnya sama BTS, tapi 60% komennya tentang permintaan itu. Gue ga merendahkan BTS, siapa tau suatu hari nanti mereka bakal kan. Setidaknya hargailah EXO, gaperlu komen meninggikan buat EXO kalau kalian bukan EXO-L, tapi ya hargain aja gitu, masa di post EXO kalian komen BTS? Sorry I can't respect. Dan tweet balasan itu banyak mendapat retweet. 

Terus katanya postingan PANN tentang "popularity ranking of boy groups by V-App, Fancafe, and most viewed MV" itu membawa fanwar? kata gue sih enggak, dan itu juga melibatkan VIP. Karena BTS punya paling banyak follower V-App daripada EXO dan BIGBANG and then korean netizen commented like "[+172, -214] Let them win #1 this time. They're always dying to surpass Bigbang and EXO. Why don't we just let them win this one so that they can celebrate it among themselves.". You really cannot rank a kpop group just by v app and.. billboard? Lol. Kalian bisa bilang "BTS have the largest V-app and fancafe" sudah sampai disitu aja, jangan nambahin "BTS have the largest V-app and fanface than..." karena satu kata itu aja sudah banyak yang tersakiti. 

Terus Brand Reputation Ranking. Buat EXO-L jangan terpancing sama ini. Ini dinilai buat seberapa sering nama sebuah grup/idol di SNS. Terutama fancafe. As you know, fancafe EXO-L sudah tidak digunakan. Kita sekarang sudah disediakan fancafe sendiri, sekaligus promote yang belum gabung jadi member tolong register ya di > exo-l.smtown.com < Reputasi ga penting, fans yang tau seberapa baik grup idola masing-masing, kenapa sih kita terlalu terobsesi sama ranking? gue sih ga terlalu ngurus sih sama ranking, karena grup idola masing2 pasti nomor 1 di hati.


Jaman sekarang dapet 100 million di youtube itu kayak gampang banget. Belum satu tahun tapi udah ada yang 100M. Kata pewdiepie juga youtube sudah berubah. Dulu dapet 100k views udah bahagia terharu banget, sekarang dapet 100m views kayak udah biasa aja gitu, apalagi MV. Realita aja sih, adek gue juga sering banget main youtube, dari challenge, vlog, gaming, gue gasuka perubahan jaman yang gini banget. Dulu waktu seumuran adek gue, sibuk kalo ga sempet nonton film yang ada di tv pasti nyari ke tempat jual cd bajakan :v sekarang mah tinggal akses youtube ketemu deh. Begitu juga dengan dunia kpop dulu, kita gaada berlomba2 projek streaming2an di youtube, kalau ada temen yang punya MV Kpop pasti langsung mengerumbungi itu temen dan minta videonya dan lewat bluetooth lagi. Gue dulu juga sempet loh dulu kena virusnya waktu kelas 6 SD, dan itu virus Cherrybelle kkk. Ya walaupun disitu gue mikir Kpop itu alay. So, jangan terlalu membangga2kan views youtube, mungkin yang dulu gatau perjuangan Kpop senior, youtube itu segalanya, tapi yang sudah mengalami perubahan youtube, views sudah ga penting lagi. Kayak MV Twice - TT yang sudah mengalahkan views SNSD, tapi waktu jaman SNSD - Gee itu beneran kayak virus disana-sini. Kalau di sosmed sih emang mereka merajalela populer tapi di lingkungan sekitar gue ga terlalu berasa impaknya. Waktu jaman Gee, sorry sorry, rin ding dong, fantastic baby, i am the best, growl itu beneran kerasa banget ada disana sini walaupun disitu Kpopers masih ga terlalu banyak kayak sekarang dan banyak yang anti juga, setidaknya impactnya berasa banget.

OUT OF TOPIC ya, gapapa emang rencananya gue gamau terlalu bahas fanwar. Itu kan views BTS - Dope lebih banyak dari EXO - Growl. Jangan meremehkan EXO, waktu era Growl, EXO itu ada dimana-mana, temen gue dulu banyak yang gila EXO. Dance cover ada dimana-mana. Gue aja tinggal di pedalaman tau EXO kok :v. EXO udah flop? Bitch no, nama EXO masih ada dan ada selamanya. Mungkin kalian belum merasakan dampaknya, tapi saat member EXO sudah tidak terlalu aktif lagi di industri hiburan, kalian pasti sadar seberapa dampaknya EXO bagi Kpop. Gue sering banget tuh liat tweet dan komen yang bilang EXO udah ketinggalan jaman.

"EXO udah ketinggalan jaman, EXO-L terima aja sih BTS sekarang yang populer gitu aja ribet". Kesannya itu kayak maksa banget, EXO selalu nomor 1 di hati kami. Ya kami selalu mengakui BTS sekarang top, tapi kenapa kalian mancing gitu sih? Ya kami sudah tau, jangan dikasih tau berulang2. Kalian ga sakit apa kalau idol kalian dibilangnya udah ga populer? BOHONG kalau ga sakit hati. Pahami perasaan masing-masing lah. Gue mengakui semua grup yang populer sekarang, EXO-L semua tau, dan gaada yang lari dari fakta itu. BTS lebih populer dari EXO lah, TWICE lebih populer dari SNSD lah, kami terima aja kok. 


Akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017 yang kita bahas ada perang Lightstick dan sekarang? Perang Konser. Udah lama juga sih. Tapi lucu. Waktu EXO konser di Manila, stadium konser EXO itu ga penuh, terus ada ARMY yang bilang di twitter "EXO can't even fulfill an arena". Nah kan ada video EXO-L yang rebutan kursi kosong di stadium itu, dan ARMY itu ngeposting video itu, kalian bilang kami terlalu ngurusin BTS/ARMY tapi secara otomatis orang yang ngetweet itu juga pasti menstalk akun EXO-L, dan kenapa juga dia ngurusin EXO? dan tweet itu mendapat banyak retweet dan reply juga. Terus waktu tiket konser EXO di Amerika yang bahkan ga mencapai setengah dari semua tiket, kenapa kalian bisa tau? sedangkan gue yang EXO-L aja taunya dari kalian, sudah pasti kalian juga terlalu mengurusi EXO dan EXO-L. Ohya klarifikasi, tiket konser EXO di Amrik terjual 99%, dan EXO-L disana mengeluh karena penjualan tiket ada di jam kerja dan waktu beli tiketnya juga terbatas kalau gasalah cuman 2/3 hari. 

EXO gabisa menuhin satu stadium kecil tapi yang di Tokyo Dome itu apaan ya. Artis pop, kpop, jpop berlomba-lomba loh pengen konser di Tokyo Dome. Kalian bilang Tokyo Dome kecil? Lmao, ajigile kali Tokyo Dome yang bisa nampung 50rb orang atau lebih di bilang kecil. Stadium yang bisa nampung 10rb orang aja dibilang udah gede banget, apalagi 50rb kan :). Gue fans AKB48 dan sempat ngikutin kisah perjalanan mereka mau ke Tokyo Dome, mereka butuh 6/7 tahun (kalau gasalah) buat memperoleh mimpi mereka konser di Tokyo Dome. Katanya sih cuman artis yang diundang yang bisa konser di Tokyo Dome. Salah kalian meremehkan Tokyo Dome. Gue juga nonton banyak konser2 artis yang pernah tampil di Tokyo Dome, kayak AKB48, konser Love Live!, konser TVXQ, SNSD, Super Junior, BigBang, dan EXO. EXO termasuk beruntung karena bahkan sebelum mereka debut di Jepang, sudah bisa tampil di Tokyo Dome.

Akhir-akhir ini banyak banget artikel yang ngebahas perjuangan EXO dan BTS dari awal sampe sekarang. Gue sih bersyukur dengan begitu jangan ada yang salah paham lagi kalau EXO populer cuman dari agensi besar. Bayangin aja SM, YG, JYP mereka punya grup band besutan pertama yang populer tapi apakah grup band baru bakal sesukses yang pertama populer? Itulah adanya strategi pemasaran. Makanya dibilang BIG3 agensi karena mereka mendebutkan banyak idol grup, dan idol grup mereka pasti populer kan. Jangan bilang hanya karena dari agensi besar lah, tapi mungkin strategi pemasaran juga diperlukan. Dan demi kesuseksesan pemasaran dibutuhkan idol yang memiliki talent dan karisma (?) yang disukai publik. Agensi besar tidak mungkin mendebutkan sebuah grup tanpa talent. Begitupun pula agensi kecil. Kalian pengen Bighit masuk deretan agensi besar, tapi sekarang Bighit cuman punya satu grup idol yang sukses, jadi belum masuk kriteria. Tapi Bighit juga bukan agensi kecil sekarang, tinggal tunggu kapan mereka mau mendebutkan grup idol baru. Eh iya semoga gaada artikel media play lagi ya setelah itu. 


Masalah plagiat. Padahal topik ini udah lama loh kok baru dibahas sekarang? Jadi gue pernah baca komen seorang multifandom di fanpage EXO yang bilang gini "merchandise un-official aja dipermasalahin". Itu waktu masalah silver ocean yang salah satu ARMY di twitter bilang silver ocean itu cuman punya BTS. Jadi mba itu bilang silver ocean itu un-official? The hell, berarti selama ini ocean2nya legend kpop itu un-official, udahlah gue ga pengen bawa2 kpopers dari 2010 lah apalah. Terus ada juga salah satu kpop fanpage yang awalnya bersikeras setuju banget kalau warna lightstick EXO itu bukan silver melainkan "cosmic latte". Hahah cosmic latte tapi jika kalian ketik keyword di google dengan "silver ocean" otomatis EXO lah yang muncul. Terus setelah salah satu SMstan ngirim beberapa warna ocean official milik SM, dan disitu tercantum EXO = Silver Ocean. Makanya jangan ngirim berita asal2an. Gue sekarang ga terlalu peduli sama artikel2 kpop dan ga terlalu ngambil akibatnya.

Konsep seragam sekolah di MV Growl itu katanya emang ngebooming banget ya, sejak saat itu banyak grup kpop yang mengikuti. Katanya Shindong Suju setelah melihat konsep bts dia bilang "kok mirip konsep EXO". Terus MV dengan one-take itu juga banyak yang terinspirasi. Konsep EXO yang seolah membuat planetnya sendiri "EXOPlanet" juga membuat grup idol terinspirasi membuat begitu juga. Intinya SM Jjang! Apapun yang dirilis oleh SM pasti membuat orang banyak yang terinspirasi. Dan yang membuat banyak konsep seperti itu adalah Lee Sooman sendiri, kebayang gak mikirin banyak konsep dan sukses mendebutkannya, orang yang banyak ide pastinya sukses. Tapi sayangnya ada "can i copy your homework" "sure but don't make it too obvious" :)

Kalau katanya konsep bts mirip exo berarti konsep twice - cheer up juga mirip snsd - oh! SM sumber inpirasi semuanya.

Ini soal Korean EXO-L. Nah EXO-L disana itu yang pertama kali memperkenalkan boneka2 member gitu. Terus sekarang kan juga makin banyak fans lain yang terinspirasi dan menjualnya. Terus ikon spesial #5yearswithEXO yang dibuat EXO-L itu, banyak juga yang bakal bikin nanti ya. Gue sih gabisa berkata-kata lagi agensi sama fans jjang lah :D. Walaupun itu buatan fans dan bukan official tapi intinya lagi apapun yang dilakukan idol dan fans dari SMtown pasti sangat menginspirasi. Kan jadi ngebahas SM.
 

Siapa yang sering liat tweet tentang "EXO will disband this year or next year". Kalaupun EXO disband apakah grup idol kalian bakal lebih populer? Tergantung. EXO kehilangan 3 member dan banyak scandal, tetapi EXO sampe sekarang masih berdiri kok. Ingat pidato Lay waktu di MAMA. 

Gue gasuka kalau kalian bilang dengan mudahnya EXO bakal bubar dll. Walaupun kalian cuman bercanda, tapi itu sudah masuk kategori topik yang sensitif. Tapi gue udah kebal sih, dari dulu aja EXO selalu dibicarain begitu.


Ga bosan2nya gue ngebahas ini, Multifandom yang berat sebelah. Gue sering BANGET nemu yang kek gini. Giliran EXO yang dijatuhin mereka malah makin menjatuhin, giliran BTS yang dijatuhin mereka ngebela sampe mati. Sumpah kalau jadi multifandom tolong yang adil sama grup idolanya. Karena terlalu eneg sama multifandom yang berat sebelah gue jadi ga ngurus lagi soal multifandom. Banyak kok EXO-L yang komplain juga soal ini. Dan ARMY-L tolong sadarr!! jangan pake ARMY-L please. Itu kayak ARMY-Love jadi gaada unsur EXO sama sekali. L di EXO-L itu diciptakan langsung sama leader kita Suho, jangan memakainya dengan salah ya.


Etdah gue kehabisan topik, udah banyak banget yang ditulis sampe lupa apa lagi yang dibahas. Gue juga eneg kok ngebahas fanwar! Iseng2an aja sih nulis karena kurbel dan kuker. Ayo kita bahas lagi di komennn! :D



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Post yang meninggikan EXO sampe langit, ARMY protes. Post yang meninggikan BTS sampe langit, EXO-L protes. Serba salah banget kan? 

Semua grup idol punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baik dari idolnya, fansnya, semuanya punya nilai tersendiri. 

EXO-L selalu melihat ARMY yang menghina EXO, sebaliknya juga ARMY. Karena gue EXO-L gue pastinya hanya melihat dengan sudut pandang gue sendiri. 

Beberapa bulan lalu EXO-L damai aja di fandom sendiri. Terus sekarang makin banyak EXO-L yang suka ngajakin berantem juga. Fans EXO memang bertambah, tapi dengan cara yang ga bagus. EXO-L lain ga henti2nya nasehatin akun FAKE EXO-L itu. Bahkan ada EXO-L yang ngajakin berantem sama kawan satu fandomnya sendiri. Tapi gue percaya sejahat2nya EXO-L kalau ada yang nyerang baik dari fandom lain dan anti pasti kita bakal bersatu dan menunjukkan kalau WE ARE ONE! 

Gue ga benci BTS, gue cuman kesel sama fansnya aja. Suatu hari nanti saat banyak grup idol kpop yang baru dan EXO maupun BTS sudah ga terkenal lagi, kita bakal sadar apa yang kita lakukan dulu memang lucu. Fanwar di dunia kpop mungkin ga bakal berhenti, tapi suatu saat kalau ada junior kita yang juga fanwar antar fandomnya, kita bisa beri masukan sama mereka.


Oh ya ada yang baca rumor yang katanya Luhan udah punya pacar + anak? :v gue ga nyangka awalnya tapi EXO-L lain banyak yang bilang dari dulu Luhan mau di usia 27 udah punya istri dan anak buat nyenengin emaknya. Pacaran mah gapapa, tapi anak? ngehehe. Ga kebayang. Tapi ya itu semua cuman RUMOR hahaha. Hunhan always in my heart.

Harapan gue, pertama-tama, semoga EXO selalu bersama, tanpa ada yang tinggal-ditinggalkan lagi, mungkin konflik sering terjadi, tapi semoga EXO selalu strong menghadapi semuanya dan yang terpenting kesehatan member EXO maupun EXO-L. Kedua, buat fanwar, ayo kita buat tahun ini menjadi tahun terakhir fanwar antara EXO-L dan ARMY.  

Out of topic semuanya gasih? kan gue bilang judulnya aja gitu. Gue buat ini dari jam 10 malam sampe jam 1 malam terus ketiduran, bangun jam 12 siang langsung lanjut ngetik :v langsung publish tanpa review, maafkan kalau ada kata-kata yang salah, berlebihan, dan kurang sopan. Kritik dan saran dibutuhkan untuk perkembangan, khususnya kritik dan saran dari EXO-L.

WE ARE ONE EXO SARANGHAJAAA!!

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gif: all from tumblr

Don't be so serious, thank you for reading~
Previous
Next Post »

29 komentar

Write komentar
Anonim
AUTHOR
4/17/2017 9:20 AM delete

Iseng buka google+ eh liat ini ,,, yaudah gue klik ....Gue yg pertama nih komen...
Umur kamu baru 16 tahun ??? Tapi segini udah dewasa tahu ,, tulisan rapih .. sebenernya menurut aku tulisan kamu yg kemaren ga ngejatuhin banget sih .. kalo ngejatuhin buat fans nya mungkin iya .. cuma ya kemaren ada beberapa komentar dan balesan yg emang rada ambigu ..(?) .
Nanti kalo ada komentar yg salah lapak lagi .. kita hadapi dg komentar yg lebih dewasa ok .. kalo sempet gue bantuin .. :V . Gue ga bilang gue dewasa ya . Gue juga immature.

Dan dari sudut pandang gue sebagai exo-l .. semuanya sesuai .

Dan btw ,, bukan cuma gucci loh .. inget samsung ?? Yg kerja sama sama SM. Hp nya sih samsung S8 yg biasa tapi casenya exo . Jd kalo dipasangin ke hpnya . Si hp bakal nampilin tema exo . Dan tau apa yg mereka bilang ?? Katanya lebih baik samsung kerja sama bareng bts . Daripada sama exo . Dijamin katanya lebih menguntungkan .. dan jawaban exo-l jauh lebih sadis .. "sorry , samsung tidak ingin mendapat kerugian "
Ups ..nyatanya yg katanya samsung bakal menyesal malah preordernya nyampe 70.000(?) Gue lupa . .. hoho salah besar mereka . Bahkan samsung sampe mention exo . Katanya intinya mereka ga nyangka , ini lebih dari yg mereka bayangkan . So jangan remehkan kekuatan soel . Apapun bisa dibuat sold out sama mereka .. cuma mobil chanyeol yg ngga .. hhaha

Dan td gue baca di akun orang .dia fansnya JB sm shawn mendes . Katanya ada fanwar antara army sm fans nya shawn .sayangnya gue mau liat udah dihapus sm adminnya . Kalaupun mau liat jg harus ngerti b.inggris .. haha
. Intinya . Nah shawn mendes kan nama fandomnya mendes army , trus si army bilang katanya nama fandomnya plagiat .. disini gue tepok jidat. Ingat army , sebelum bts ada britney spears yg juga pake fandomnya dg nama army . Dan yg paling ngena banget komen dari fansnya shawn itu gini " ngapain kita plagiat , shawn tau ngga sama bts " . Intinya gitu .. Sadis gila .haha. tapi yg kena dampak malah kpopers yg dibenci.

Dan cuma mau bilang , kaliaja nanti ada army yg nyangkut kesini .
Tolong berhenti nyebut exo ot8, nyuruh lay out lah ... gue sakit hati tau .
EXO akan terus OT9 . Kami Exol percaya lay ...
Jadi bagi siapa pun yg nyuruh lay out . Tolong berhenti . Gue doain semoga kalian ga ngerasain apa yg exo-l rasakan bro .. kehilangan member itu menyakitkan .
Udah gitu aja .. intinya gue suka tulisan kamu.
Dan harapan gue semogaTHAAD cepet selesai . Biar lay bisa gabung ama saudarnya lagi .
Semoga member EXO selalu sehat . Dan semoga konser di jamsil nanti lancar dan sukses.

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/17/2017 4:16 PM delete

Pokoknya yg anonim itu gue . :V tapi ga tau juga jalo ada yg laen .

Eh tapi kemaren gue liat , mereka war lagi .

kalo ada yg maksa mampir . Entahlah ,, gue ga ngerti lagi sama mereka ..
KHUSUS EXO-L . BUKAN EXO-L NAGAJUSEYOOOOOO....
Kalo sakit hati nanti komen . Hadehh .. bebas juga sih kalo mereka mau komen juga ..
Hak mereka . Tapi kalo yg dewasa , pasti milih ga komen ...

Dan gue ingetin sekali lagi . Yakut ada yg bilang gue sok dewasa . GUE MASIH IMMATURE.

Gue ada . Liat di TL fb , screanshoot . Macem kaya kamu tulisannya. Fanwar army soel . Tapi yg di pojokinnya exo-l . Nah gue ga baca dan ga pernah mau baca . Komen apalagi . Ga akan .
Bodoamatlah , mereka bebas . Bebas mau bicara apa aja tentang exo exol . Disana lapak mereka .

Dan untuk kalian yg mungkin nanti terrsinggung sama tulisan gue dan adminnya. Itu salah kalian . Postingan ini dikhususkan buat exo-l .
Oh ya nama gue fitriyani . Gue ga bisa komen pake akun google . Entahlah bingung gagal mulu .
Tenang kalo ada yg bash .. gue siap belain .. haha

Reply
avatar
annisa
AUTHOR
4/17/2017 4:29 PM delete

Iya bener kepo banget :v gue jarang komen sih about fanwar, tapi kalau udah banyak EXO-L yang emosi disitu gue ikut ngebelain. EXO-L juga jangan salpak lah, tapi heran juga sih padahal biasanya di artikel gitu EXO-L jarang komen tapi ada aja yang bilang "EXO-L banyak yg salah lapak" padahal pas scroll ke atas gaada nemu :)

Mungkin email google kamu belum dimasukin ke browser nya kali..

Gue cuek ae sih, tapi kalau lagi badmood ngurusin ini itu pasti gue bakal gaje banget :D mohon bantuannya ya

Reply
avatar
4/17/2017 11:01 PM delete

Gue dukung lo sumpah deh. Gue dari awal EXO debut history, mama, growl pas mulai naik kepuncaknya gua tau banget perjalanannya sumpah tau banget dari pas 3 member keluar gue sampe nangis kejer mewek kesana sini koar2 ndusel2 ketemen nangis kekeluarga nangis gue sampe sakit ati banget EXO 3 member out sedih bnget pokoknya pas jaman gua dipanggil exotic.. Exostan dan pas jaman mereka ada dating itu gue sih gakterlalu mempermasalahin ya karena itu privasi mereka. Gue tau BTS emng dari agensi kecil dan mereka berjuang sendiri. Tapi tau ga soh dulu EXO dihina banget sama netizen korea? Tapi karena mereka kerja keras dan lahirlah Growl terkenal sampe mana2 bahkan lagu itu masuk 10 besar billboard. Suka sering sedih banget banget banget sekarang banyak EXOL pindah fandom ke BTS heyy kalian gasetia amat si yg bening sama muda dikit langsung. Gua mau sejelek2nya EXO dijelekin gua bangga kok sama EXOL mereka solidaritasnya erat banget mereka sering ngadain donasi.. Dan setiap ajang EXO masuk nominasi ikut semua dukung. Inget banget gue msuk grup perkumpulan EXOL indo mereka ngerangkul banget. Dan kebanyakan gak mau ambil pusing fan war. Menurut gua jangan langsung disimpulin lah EXOL itu fansnya buruk atau gimana. Gada yg tau kan itu fans abal2 atau emang fans immature yg bru jadi fans. Jadi damai ajalah toh genre musik mereka beda semuanya beda kalau kesabet dikit wajar dong namanya persaingan dunia.

Reply
avatar
4/17/2017 11:21 PM delete

Baru dikonfirmasi nihhh Luhan ternyata emng bohong dia belum nikah dan punya anak! Alhasil yg katanya penulis berita tersohor dicina malu minta ampun dah soalnya disindir cuy sama agensi Luhan ckck untung si gue blm percaya.setelah tau begini pen ngakak kwkwk.

Ohiya sering banget tuh masih duel aja tentang lighstick karangan heran bener gua yang fans ARMY itu malah katanya lighstick nya mirip Gfriend dll.plis deh ya ..

Gue juga sering banget kesel sama fans yang ngomong "Lo liat sekarang,Bities Udah tenar woy.walaupun dia dari agensi kecil dia bisa tenar sampe Billboard" kata gue "fakk, jelasnya mereka itu (fans tentara) cuma tau kebanyakan BTS yg pas sukses ini doang.. sedangkan kebanyakan EXO L udh fans dari lama kok dan walaupun mereka dari agensi besar mereka jg berusaha kok walaupun pas awal debut dicaci maki sama netizens pada bilang 'SM gagal ngeluarin artis kaya EXO' hello sekarang liat kan itu gagal gak??

Dan yg gue denger EXO plagiat BTS oh hell! EXO udh dari lama kali debut duluan dari dulu dari BTS kali mau plagiat gimana coba ckck.

Cocok banget dah quotes buat EXO kaya gini "if You want to be original, U Will ready to copy"

Wkwk kocak Weh dulu twibi ye. Gue dulu sukanya Smash wkakak sekarang ya udahan.

Btw gue dah jadi EXOL dari awal mereka debut sama aja udh 5th banyangkan juga si udh sejauh ini jadi EXOL haha *terharu*


Happy5thwithEXO

Yg dikasih hadiah papan iklan jalanan yg mahalnya Ampe belasan milyar wkwk
Kaya2 si fans EXO eh ya gasik kwkw


Tetep jadi EXOL ya semuanya jangan jadi fans yang musiman.lebih baik jadi fans sesepuh yg kek gua*plak* udh dari awal debut atau mungkin ada yg Bru gua mnta ttp setia ya kalian karena kita We Are One!

We Are One We Are EXO Saranghaja!

EXO K+ EXO M + EXO L = ONE


Udah ah.. Sebenarnya mau cerita EXO gue pasti gada abisnya..πŸ˜‚
Intinya gue sayang sama EXO sm fansnya walau dicap buruk melulu..Pokoknya ttp We Are One Lah


Njir gue kek pidato banyak bner

Reply
avatar
4/17/2017 11:34 PM delete

Gue juga berharap jangan ada keempat kalinya member keluar itu sakit bngt.Lay pernah gue baca dia bilang dia gabakal ninggalin EXO karena dia udah nganggep mereka keluarga dan jg EXOL juga. intinya kita sebagai fans cuma bisa ngedukung dari jauh sama lapang dada Nerima keputusannya nanti :').

Btw,masih heran katanya EXO L internasional apa Korea gtu yg buat2 hastag nyuruh Lay keluar apa iya sejahat itu coba?

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
4/18/2017 6:10 AM delete

EXO-L yg waktu itu buat hastag emang lagi dalam krisis kepercayaan . Intinya mereka kecewa sama member china yg udah duluan out . Dan dampaknya ke lay .
Tapi sekarang pendukung OT8 udah dikit . Malah sekarang berbalik ngedukung . Setahu gue sih gitu .

Reply
avatar
Annisa
AUTHOR
4/18/2017 2:06 PM delete

Lay ga bakal keluar. Lirik sama lagu Promise dia kan yang nulis, lagu yang penting buat EXO-L dan EXO sendiri, jadi dia ga mungkin mengkhianati kita dan yang pasti dia udah bisa tanggungjawab soal apa yang dia janjikan. Karena ini soal negara, jadi mau artis ga bisa ikut campur, biarlah semuanya berlalu~

tapi setelah hashtag itu juga banyak projek #BelieveinLay juga kan.

EXO kan mau konser di jamsil. EXO salah satu model iklan Lotte, perkiraan gue Lotte pasti ikut promosi dan masukan buat bikin konsernya. Kalau Lay ikut konser, nanti netizen bakal salham lagi :(

Reply
avatar
Annisa
AUTHOR
4/18/2017 2:24 PM delete

gue dari 2013 udah tau EXO, jaman Wolf waktu itu di program musik r*cti sering banget nongol MV kpop dan lagii dulu nganggap kpop itu alay dan banci, apalagi stlh liat rambut Kai yang kriwil2 gitu di Wolf :v sekarang malah makan omongan sendiri :v

EXO jg bilang "only first will be remembered".

dulu waktu belum jadi Kpopers boygroup yang populer menurut gue itu EXO dan Infinite. dulu gue Animelovers dan sering juga temenan sama Exotic dan Inspirit jadi cukup tahu menahu sama mereka. Saat 3 member left itu gue juga cukup tahu tp karena belum masuk fandomlah gue jadi ngejekin temen gue yang Exotic soal member yang keluar. Dulu cuman pernah dengar nama Baekhyun sama Luhan, dan gue sering ngejek juga mereka banci :v skrg sudah masuk fandom jadi tau rasanya pas ngejek member yang keluar :'v

Kalau cerita soal EXO gaada habisnya dan sering lupa apa yang pengen diceritain.

pokoknya WE ARE ONE, EXO SARANGHAJA

Reply
avatar
Fita Radi
AUTHOR
4/23/2017 12:14 PM delete

Lu gak suka Army karna lu gak pernah nemuin Army yg dewasa dalam berpikir
Gw saranin banget buat lu baca postingan lu di blog lu ini plus yg waktu itu tentang fanwar dan lu bakal sadar
Betapa gak dewasanya lu dalam hal berpikir

Semoga dapet pencerahan yah
Oh yah BTW gw Army, elf, Uaena, sone and others πŸ˜†

Reply
avatar
Annisa
AUTHOR
4/23/2017 8:22 PM delete

emang ga pernah.

gue emang belom dewasa, siapa bilang yang udah dewasa?

lah kan bandel lo dibilang juga apa di awal

Reply
avatar
4/26/2017 8:21 AM delete

Masalah billboard, siapa bilang EXO gak terkenal di billboard? Yang ada juga EXO diundang ke kantor Billboard tp EXO skrg lgi sibuk sibuknya tour Exordium �� gak ngerti deh sama org org yg beranggapan EXO gak terkenal diluar negeri cuma krena EXO blm comeback dan lgunya skrg lagi gak di billboard, pdhl wkt EXO comeback taun lalu lagu mereka di album EX'ACT hampir 5 judul nangkring di billboard , ini faktanya. Jdi stop nyinyir masalah billboard bgi siapapun yg ngehate EXO

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
5/18/2017 1:16 AM delete

Pertama-tama, gue bukan kpopers gue cuma tau sekilas ttg kpop

Kedua, banyak yg bilangin gue jgn nge stand group kpop dramanya aja

Ketiga, ya gue bingung kan

Keempat, setelah baca nih artikel gue akhirnya tau knp

Kelima, thanks... Udah memperlihatkan serusuh apa sebenarnya kalian

Reply
avatar
Byun Baexisme
AUTHOR
5/22/2017 3:38 PM delete

Guah udh 20 tahun.. sudah gak aneh liat fanwar yg ada di sosmed😁
Dari mulai exo debut yg di benci sama fans suju.. exo vs vip ... dan yg masih awet exo vs armyπŸ˜‚ sumpah ini yg paling awet loh...

Gua sebagai exo-l dulu juga serang balik sama fandom sebelah yg ini itulah.. tapi bukan berarti guah gak respect sama bts dan fans.a .. gua respect.. karna banyak temen juga yg army tapi gak aneh2..

Kadang suka gedeg.. tapi sekarang mulai nyadar umur.. guah sendiri udh fase dewasa.. tapi banyak fandom sebelah yg rata2 masih di bawah umur.. 12 , 13 , 14 dan 15.. umur segituh menurut guah masih labil2nya.. jdi y guah maklumin ajh.. πŸ˜€

Betul omonganmu.. entah mereka ikut2n atau nyari simpatisan. Rata2 multifandom lebih berat ke ArmyπŸ˜‹ y udh cukup elus dada..

Reply
avatar
5/23/2017 8:19 PM delete

Ya ampun ini ada episode ke 2. Sejak tanya kalimat awal aja udah jelas, dedek. Elo ngatain fans lain yang umur SMA sebagai immature terus gimana dengan elo? Disamping baru tau korea, postingan elo juga berat sebelah. Banyak yang ngasih saran tapi elo keukeuh kalau omongan elo yang tanpa bukti ini adalah fakta. Sukai aja idol lo jangan bawa-bawa ARMY. JANGAN BAWA IDOL LAIN KALAU MAU MAKSA KEHENDAK. Mending hapus sebelum viral dan nama lo disebut banyak orang. Elo belum ngerasain bangku kuliah atau prioritas hidup yang lebih penting ya sampe begini banget. Inget annisa, di usia lo nginjek 20an lo pasti bakal nyesel juga malu pernah posting kaya gini. Dan gue kasih saran ya, elo kan belum kerja dan kalau mau kerja di perusahaan atau benefitnya tinggi harus hati-hati sama topik apa yang lo share. Gue yakin banget semakin rame blog lo, bakal jadi bomerang suatu saat karna isinya kebencian begini. Sebelum sayang idol, sayangi diri lo sendiri dek.

Reply
avatar
Luki
AUTHOR
5/24/2017 8:00 PM delete

BODO AMAT AHH WAR MULU.entar juga capek sendiri.kasian sama exo udah kerja keras malah di hina fandom lain.kalian yang hina ngak tau kehidupan exo ngak usah hina dehh coba kalian di posisi mereka ngerasain capek,menangis dan sakit hati.hairstylis nya exo pernah bercerita exo sering di marahin pelatih nya dan suka menangis karena merasa gagal di tambah hina dari kalian ngak punya perasaan ya,kalian manusia atau bukan sih.

Reply
avatar
5/24/2017 8:10 PM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
5/24/2017 8:23 PM delete

kalo gw sih lebih gak peduli sama omongan orang yang ngejelekin exo karna gw tau faktanya seperti apa, kesel sih jangan di tanya lagi fans mana sih yang gak marah kalo idolnya dihina ? pasti dong, tapi sebijaknya kita aja sih dalam ngadepin omongan yang kayak gitu. buat apa juga kita terlalu perduliin omongan yang menyakitkan buat diri sendiri gak ada manfaatnya juga, toh omongan mereka belum tentu benar dan kebanyakan gak berdasar dengan apa yang ada. kalo bagi gw haters itu sama aja kayak fans tersembunyi, diluar mereka ngehina exo ngatain yang nggak2 tentang exo tapi mereka diam diam selalu perhatiin mereka dari jauh. haters juga punya peran penting buat kesuksesan exo :) bagi gw omongan haters bisa buat EXO semakin kuat dan pasti dalam hati (yaa walau gak tau kebenarannya gimana :v)mereka bakal tunjukin yang lebih baik lagi dan mereka bakal buktiin sama para haters kalau exo bukan seperti yang apa mereka pikirkan, omongan haters bisa aja jadi semangat buat mereka biar berkembang lebih baik lagi, disamping support dari fans :)

Reply
avatar
5/25/2017 2:36 PM delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
5/25/2017 3:45 PM delete

Gini ya dek, exo merasa gagal dimarahin pelatih ya bukan urusan kita. Itu lebih berat ke elo, yang ngaku exo l kan? Nah, daripada panas terus mending dukung idolnya kalau lo sendiri aja tau mereka sering ngedown gitu. Lagian disini siapa yang ngehina ya? Emang postingan elo pujian buat ARMY? tanpa bukti pula tapi keukeuhnya minta ampun. Keep going then, itu urusan elo. Gue cuma ngasih saran aja karna udah pernah ngelewatin masa-masa kaya lo gini dan saran yang gue kasih biar lo ga nyesel. Mungkin ga semua orang tau, tapi hati dan pikiran lo pasti kebayang kejadian ini terus di masa depan. Lo pernah nulis begini. Ngomong begini. Mungkin sampe nanti lo ketemu orang yang lebih wise buat sharing, lo bakal paham maksud gue. Take care, dek.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6/03/2017 12:58 PM delete

Hal yang perlu kita lakukan sekarang adalah tetap mendukung idol kita masing-masing. Jangan menjadikan penghargaan sebagai panutan kita.
Aku tau sekarang K-popers kalo fanwar lebih parah dari dulu. Tapi, mari kita bergandengan tangan dan berjalan berdampingan.
Aku berharap kita dapat berteman seperti K-popers yang dulu.

Reply
avatar
giana putri
AUTHOR
6/08/2017 2:11 AM delete

Gw be like aja deh...intinya EXO L tu strong...gw udah lumayan berumur...jadi gak terlalu pusing sma tu tentara...serah mereka aja...yg pasti smua jg tahu faktanya gmna...klw media play emang merajalela demi suatu popularitas.n gak nyadar jg klw sebelumnya pernah mnta bantu..eh skrg malah tinggi hati.yah...doain smoga mereka dapat hidayah nanntinya 😁

Reply
avatar
giana putri
AUTHOR
6/08/2017 2:13 AM delete

Gw be like aja deh...intinya EXO L tu strong...gw udah lumayan berumur...jadi gak terlalu pusing sma tu tentara...serah mereka aja...yg pasti smua jg tahu faktanya gmna...klw media play emang merajalela demi suatu popularitas.n gak nyadar jg klw sebelumnya pernah mnta bantu..eh skrg malah tinggi hati.yah...doain smoga mereka dapat hidayah nanntinya 😁

Reply
avatar
6/13/2017 7:57 PM delete

Yakin bukan exo-l? Lol

Reply
avatar
Anonim
AUTHOR
6/16/2017 2:54 PM delete

Sabar beb #TeamARMY =D ... mending gabung di grup confess ARMY gw... anjeerr gw promosi wkwk

Reply
avatar
Delia Fitria
AUTHOR
6/19/2017 7:46 AM delete

Awalnya gua lagi mau buka apaa gitu di google trus scroll aa fanwar exoL bts hahaha
Gua 100% setuju dengan semua curhatan dari sudut pandang lu karna sudut pandang lu dan gua sama(saik anjir) gua gatau kenapa semua yg lu bilang bener dan itu semua uneg2 gua selama jadi exoL yg tersakiti menahan rasa sakit dihina, disegala macemin dah hahaha good nih artikel. Gua baca sampe pelan2 banget astaghfir haha menghayati, dan 100% true fact uneg2 semua exoL

Reply
avatar
6/23/2017 12:09 AM delete

yang aus yang aus mijon panta akua akua :v ayo sayang anak sayang anaaak :v

Reply
avatar
Savannah
AUTHOR
6/23/2017 10:05 PM delete

ini dibikin april 2017 telat gak gue komen sekarang? soalnya bodor sih wkwk, gw iseng nyari thread exo-l vs army di gugel karena lagi bosen aja

pas diliat masih 16 tahun ya? jaman2 gue masih fans kpop juga sih. saran aja sih, yang ginian mah gausah dibawa serius, nanti kalo udah tua kek gue pasti bakal mikir "gue ngapain sih anjir dulu pas sma bela idol mati2an???" walau gue sendiri kagak pernah sih bela idol gue sampe gini amet, kalo ada fanwar ketawain sambil grabs popcorn aja, rame sih, apalagi jaman dulu exo-l vs vip, widih

yah gue sendiri dulu exo-l btw, dari jaman mereka debut masih berdua belas masih ada 4 koko 8 oppa, udah literally ga ngikutin exo dan kpop sejak 2015 karena gue sibuk sama kehidupan nyata (elah), sekarang2 paling temen kuliah banyaknya army, gue sendiri sama bts cuman sekedar dengerin lagunya aja ga nyampe ngefans(udah males kipop2an lagi kayanya? i'm too old for that shit la), udah males sih gue udah enek 3 taun jadi exo-l fandomnya toxic lama-lama. jujur aja gue ngerasa exo-l itu sama army 11-12 sih lebaynya, ya gue maklumin aja lu baru masuk fandom exo-l ga lama amat, gatau sih lu udah dapet banyak info apa gimana, tapi sepengalaman gue yang udah liat fanwar debat dll secara langsung pas jaman2 kristaoluhan keluar exo lah, skandal pacaran lah, and other shitty things, gue ngerasa exo-l juga sama cancernya, duh same with other kpop fandoms la. mungkin karena ini jua gue udah males dengan hal berbau kpop.

kalo lu kesel sama fanwar, ya wajar aja sih, tapi gausah merasa ini kayak uneg-uneg terbesar kamu. nikmatin aja sebelum member exo ada yang bakal keluar lagi. hahahahhaa.

btw lu ngeship hunhan? 2017 masih ada yang ngeship hunhan??? wow gue kira udah punah.

Reply
avatar